8 Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bau Menyengat Pada Daging Kambing

148 views

8 Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bau Menyengat Pada Daging Kambing - Menghilangkan bau prengus dan menyengat pada daging kambing bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur. Daging kambing memang identik memiliki aroma khusus yang sangat kuat. Bau ini biasanya berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terutama untuk kambing jantan.

Oleh karena itu, ada teknik khusus dalam mengolah daging kambing supaya memiliki tekstur empuk dan tidak bau prengus. Untuk membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing, ada beberapa bahan dapur yang bisa digunakan. Simak ulasan selengkapnya dilansir dari berbagai sumber, Rabu (7/7/2021):

Jeruk Nipis
Jeruk nipis sudah lama dikenal bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya lumuri daging dengan jeruk nipis hingga rata. Diamkan selama satu jam sebelum dimasak. Penggunaan jeruk nipis dinilai ampuh menghilangkan bau prengus.

Selain itu, jika daging tidak terlalu kotor usahakan untuk tidak mencucinya. Sebaiknya daging segera di rebus dan buang air rebusan pertamanya yang berisi kotoran. Sebab, mencuci daging kambing sebelum dimasak justru membuat daging ini menjadi alot dan prengus.

Garam

Garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya lumuri daging dengan garam hingga rata. Tunggu selama 1 jam sampai garam tersebut meresap dan mengurangi bau pada kambing.

Sambil menunggu, Anda juga bisa menyingkirkan lemak yang ada pada daging. Sebab, kebanyakan bau amis yang dihasilkan ini biasanya berasal dari kandungan lemaknya.

Daun Pepaya
Sama seperti jeruk nipis dan garam, daun pepaya juga bisa menghilangkan bau daging. Caranya mudah, gunakan daun pepaya untuk membungkus daging saat merebusnya. Sebelum itu, pastikan daun pepaya dibersihkan terlebih dahulu.

Jahe
Bahan dapur satu ini memang dikenal memiliki aroma kuat yang menyegarkan. Jahe juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus pada kambing. Caranya, dengan menambahkan jahe sebagai bumbu saat memasak daging kambing.

Nanas

Selain menaburi dengan garam, buah nanas juga berfungsi efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selain itu, buah ini juga dipercaya mampu menjadikan daging menjadi lebih lunak dan menghasilkan rasa lebih nikmat.

Caranya cukup mudah, pilih nanas yang masih muda, kemudian parut buah ini dan taburkan parutan nanas ke seluruh bagian daging. Dengan begitu, daging akan semakin memiliki tekstur empuk dan bebas dari bau tak sedap.

Cuka dan Lobak

Selanjutnya ada cuka. Untuk menggunakannya, Anda dapat merebus daging kambing bersama cuka. Siapkan panci dan tuang air, rebus sampai mendidih, kemudian masukkan daging, ditambah cuka secukupnya. Setelah itu, tiriskan dan masak sesuai selera.

Selain cuka, saat memasak Anda juga bisa menambahkan lobak bersama daging kambing. Hal ini dikarenakan lobak dipercaya membantu menghilangka bau prengus.

Kacang Hijau

Yang terakhir adalah kacang hijau. Tak hanya digunakan untuk membuat bubur, kacang hijau juga mampu mengusir bau prengus kambing. Caranya, rebus daging bersama kacang hijau secukupnya sampai daging benar-benar empuk. Setelah dirasa empuk, masak daging sesuai selera.

Leave a reply "8 Bahan Alami Yang Bisa Menghilangkan Bau Menyengat Pada Daging Kambing"

Author: 
    author