Sosok Brigjen Putu Danny, Jenderal Pemberani Berjiwa Patriot Gugur di Papua –

Sosok Brigjen Putu Danny, Jenderal Pemberani Berjiwa Patriot Gugur di Papua - Insiden nahas menimpa Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Panglima Kodam XVII, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono membenarkan adanya insiden tersebut.

Jenderal bintang satu itu dikabarkan kembali ke pangkuan sang pencipta di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Putu Danny gugur saat menjalankan tugasnya bersama dengan Satgas BIN untuk memotong pergerakan KSB (Kelompok Separatis Bersenjata) ke Illaga.

Putu Danny dikenal sebagai sosok pemberani dan berjiwa patriot. Mendiang Putu Danny dikenal sebagai salah seorang prajurit TNI yang sangat pemberani dan berjiwa patriot. Ia pun merupakan sosok yang rela berkorban demi tugasnya dimanapun berada.

"Saya merasa kehilangan. almarhum sosok pemberani sosok patriot dan rela berkorban apa saja untuk tugas dimana pun dia berada," seperti yang ditulis perwira TNI Wahyo Yuniartoto di @wahyo.yuniartoto.

Kepergian dari Putu Danny untuk selama-lamanya sontak membuat segenap TNI merasa sangat kehilangan. Apalagi, selama hidupnya Putu memiliki keterampilan serta pengetahuan yang amat luar biasa banyak.

"Kehilangan Putu Danny adalah kehilangan besar untuk TNI, Angkatan Darat dan khususnya Kopassus. pengetahuan dan keterampilan Putu Danny di berbagai bidang di militer cukup banyak," tulis Wahyu Yuniartoto dalam unggahannya.

Satgas BIN dihadang KSB yang diduga dilakukan oleh Kelompok Amir Uamang dan sempat terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet Distrik Beoga Kab.Puncak. Insiden tersebut menewaskan Putu Danny. Dia tertembak di bagian belakang kepala hingga tembus depan kepala.

Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha merupakan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua. Seperti laman Kodam Jaya TNI AD, bahwa dirinya mulai menjabat sebagai Kabinda Papua sejak Juni 2020 lalu. Sebelumnya Danny menjabat sebagai Panglima Detasemen Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Pamen Denma Mabesad) dan pernah menjadi Kepala Kelompok Staff Ahli (Kapok Sahli) Pangdam Jaya. Kolonel Infanteri adalah pangkat yang diraihnya sebelum menjadi Brigjen.

 

Leave a reply "Sosok Brigjen Putu Danny, Jenderal Pemberani Berjiwa Patriot Gugur di Papua –"

Author: 
    author